Tuesday, 16 July 2019 17:12

Kelapa Kopyor

Written by
Rate this item
(0 votes)

Kelapa kopyor diketahui memiliki nilai jual sangat tinggi yaitu mencapai 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kelapa normal. Pada umumnya kelapa biasa memiliki harga di tingkat petani antara Rp. 2.000,- sampai Rp. 8.000,- , namun kelapa kopyor memiliki harga yang fantastis, antara 25.000 sampai Rp. 50.000,- per butir. Tingginya harga kelapa kopyor tersebut disamping rasa endosperm kelapa kopyor yang sangat enak, banyak dipakai untuk minuman segar maupun bahan pembuat es krim yang mahal, kebutuhan kelapa kopyor tersebut juga sangat tinggi dengan supply produksi yang relatif rendah. Oleh karena itu harga buah kopyor selalu meningkat dari tahun ke tahun.


Namun demikian, budidaya tanaman kelapa type ini masih belum optimal. Seperti umum diketahui, buah kelapa yang bersifat kopyor memiliki endosperm yang lunak bahkan sebagian terlepas dari batok kelapa sehingga bercampur dengan air kelapa (Gambar 1.A), bahkan endosperm akan cepat mengalami pembusukan setelah 2 – 4 minggu pasca panen. Hal tersebut mengakibatkan embrio kelapa tidak dapat berkecambah secara alami. Akibatnya petani kelapa menggunakan buah kelapa normal yang membawa sifat kopyor untuk digunakan sebagai benih kelapa kopyor. Teknik tersebut hanya mampu menghasilkan pohon kelapa yang memproduksi buah kopyor dengan kemungkinan sekitar 60 %, sedangkan sisanya akah menghasilkan pohon kelapa dengan seluruh buahnya normal (Gambar 1.B). Dari tanaman kelapa kopyor yang dihasilkan tersebut memiliki produksi buah kopyor relatif rendah, yaitu hanya sekitar 30 % dari buah kelapa yang dihasilkan per tandannya.


Satu-satunya cara yang dapat digunakan untuk menghasilkan tanaman kelapa yang mampu menghasilkan seluruh buahnya kopyor (100 % kopyor, true-to-type) adalah dengan cara membudidayakannya dengan menggunakan benih kelapa kopyor hasil kultur jaringan. Jayo Agro Biotechnology (Jab.co.id) saat ini mampu menyediakan benih kelapa kopyor hasil kultur embryo dengan kapasitas antara 3000 s/d 5000 benih per tahun. Kultivar yang dapat disediakan meliputi Kelapa Kopyor Genjah Kuning Pati, Kopyor Genjah Hijau Pati, Kopyor dan Genjah Coklat Pati. Dengan ketersediaan yang sangat terbatas, JAB juga menyediakan kelapa Kopyor Genjah Sabut Merah Banyumas.


Untuk Informasi harga dan ketersediaan Benih silahkan hubungi kami

Read 187 times Last modified on Friday, 19 July 2019 05:39
More in this category: Tebu »